DJOSS.ID, Pendidikan Politik dan Bimbingan Teknis Tim Pemenangan Sihar P. H. Sitorus yang ke-10 telah terselenggara di Kabupaten Samosir. Sebanyak 9 Koordinator Kecamatan dan 134 Koordinator Desa hadir dalam kegiatan yang diadakan di Hotel Dainang, Pangururan, Kabupaten Samosir, Kamis (17/01).

Pembekalan pendidikan politik untuk timnya adalah salah satu program yang dilakukan Sihar P. H. Sitorus dalam rangka pencalonannya sebagai Calon Legislatif DPR RI dari PDI Perjuangan dari daerah pemilihan 2 Sumatera Utara.

Pendidikan politik ini sudah dilakukan diberbagai Kabupaten dan Kota di Daerah Pemilihan 2 Sumatera Utara, seperti di Kota Sibolga, Kota Padangsidimpuan, Tapanuli Tengah, Labusel, Labura, Labuhanbatu Induk, Tapanuli Utara, Toba Samosir, Humbang Hasundutan, dan yang terbaru di Kabupaten Samosir.

Pendidikan politik ini nantinya akan dilaksanakan di 19 Kabupaten/Kota yang tergabung dalam daerah pemilihan 2 Sumatera Utara. Saat pendidikan politik berlangsung, pihak Bawaslu maupun KPU turut memantau berlangsungnya pendidikan politik tersebut.

Dalam sambutannya Sihar menegaskan bahwa kedatangannya ke Kabupaten Samosir maupun daerah-daerah lainnya di Dapil 2 Sumatera Utara bukan semata-mata karena sedang mencalonkan diri sebagai Calon Legislatif.

“Sebelum saya mencalonkan diri juga saya sudah berkeliling di sini, dan akan begitu juga ketika nanti saya terpilih maupun tidak terpilih sebagai DPR RI. Karena Sumatera Utara ini kampung saya, itu sudah ditanamkan sejak kecil oleh Almarhum ayah saya Sutan Raja D. L. Sitorus,” ujar Sihar.

Sihar juga menyinggung soal PT. Indonesia Alumunium atau Inalum yang kini memiliki 51% saham PT Freeport di Papua dan telah menjadi holding company. Semua tidak terlepas dari sumber daya Danau Toba yang membuat perusahaan tersebut kini menjadi sebuah perusahaan yang kuat.

“Air dari Danau Toba yang mengalir melalui Sungai Asahan dan dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik yang kemudian menghasilkan alumunium telah melahirkan PT Inalum yang kini telah memiliki 51% saham Freeport, artinya Indonesia telah terhubung dari Barat sampai ke Timur,” ujar Sihar.

Hal ini tentunya wajib membuat masyarakat Kabupaten Samosir sebagai wilayah yang bersentuhan langsung dengan Danau Toba bersyukur. Rasa syukur itu harusnya diwujudkan dengan menjaga keasrian Danau Toba.

Sihar juga mengingatkan bahwa keberhasilan PT Inalum dalam menggandeng Freeport tidak terlepas dari kinerja Presiden Joko Widodo. “Perlu diingat, semua ini juga berkat kerja keras Bapak Presiden Jokowi, dan sederet keberhasilan pembangunan lainnya. Lantas, apa kita memiliki alasan untuk tidak memilih beliau lagi di Pilpres 2019 dengan segudang prestasinya?,” tegas Sihar.