Pasangan Calon Gubernur Sumatera Utara nomor urut dua, Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Sitorus terlihat rajin hadir dalam berbagai kesempatan acara yang diadakan oleh Pemprov Sumatera Utara saat ini. Salah satunya kehadiran Sihar Sitorus dalam Kejuaraan Catur Sumut Terbuka Tingkat Nasional memperebutkan Piala Gubernur Sumut 2018, Sabtu (19/05) lalu.

Tak hanya hadir sebagai undangan, Sihar juga terjun langsung merasakan pertandingan catur dalam Kejurnas tersebut. Dalam kesempatan tersebut, Sihar disandingkan dengan Grand Master Catur asal Jawa Barat, Dewi Citra. Permainan berlangsung sengit, hingga akhirnya Sihar harus mengakui keunggulan GM Dewi dalam bermain catur.

Namun, bagi GM Dewi Citra sendiri dapat bertanding dengan Cawagubsu tersebut juga sudah merupakan kebanggaan. Bahkan Dewi memuji kemampuan Sihar dalam permainan caturnya. “Ya, teknik Pak Sihar sudah sekelas master lah,” ujar Dewi.

Sihar mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini. Bagi Sihar olahraga catur juga merupakan salah satu cabang olahraga yang dapat diunggulkan di Sumatera Utara. Sihar juga berharap dengan terselenggaranya kegiatan seperti ini dapat memacu bibit-bibit unggul catur Sumatera Utara dapat muncul ke permukaan.

“Kompetisi adalah salah satu cara membuat bibit unggul catur di Sumatera Utara muncul ke permukaan, kegiatan seperti ini patut diapresiasi,” ujar Sihar.

Melalui catur, Sihar juga belajar filosofi kehidupan yakni bahwa selalu ada hal-hal yang berlawanan di dunia ini, sama seperti halnya hitam putih dalam papan catur, namun bagaimanapun tidak dapat dipungkiri bahwa hal-hal ini dapat selalu berdampingan dan tidak dapat dipisahkan.