Mengunjungi lokasi pedagang buku bekas di Lapangan Merdeka Medan, Kamis (05/04), Djarot Saiful Hidayat mengusulkan untuk membuat taman bacaan rakyat di sana. Lebih lanjut, Djarot juga menyarankan agar lokasi tersebut lebih ditata menjadi lebih indah.

“Lokasi itu seharusnya bisa menjadi sentra taman bacaan rakyat. Jika terpilih saya bisa bantu buat desainnya agar lebih bagus. Dengan catatan karena ini pengelolaannya masih pada Pemerintah Kota (Pemko) Medan, maka akan kami koordinasikan lebih dahulu,” ujar Calon Gubernur Sumatera Utara nomor urut dua tersebut.

Menurut Djarot, dengan penataan yang bagus, tempat ini menjadi lokasi yang nyaman bagi masyarakat untuk belajar. Hal ini dapat pula meningkatkan penjualan buku bekas para pedagang.

“Inilah yang dinamakan pemberdayaan ekonomi kerakyatan itu. Sangat gampang. Sudah di depan mata kita ini,” ujarnya.

Selain itu, Djarot yang bertemu dengan siswa-siswi SMK yang baru saja selesai mengadakan Ujian Nasional untuk menyumbangkan bukunya agar koleksi bacaan bisa bertambah.  “Jadi saya minta, kebetulan tadi saya jumpa pelajar yang baru siap Ujian Nasional kemudian bajunya dicoret-coret untuk mengumpulkan bukunya. Lalu dijual ke sini. Itu lebih bermanfaat dari pada mencoret baju. Bukan hanya pelajar, semua masyarakat bisa menyumbangkan bukunya ke tempat tersebut. Selain bisa dibaca juga menambah koleksi buku di tempat itu,” katanya.

Para pedagang buku yang ada di sana, juga sangat mengapresiasi kedatangan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.  Mereka berharap Djarot dapat memenangkan Pilgubsu 2018 dan dapat membenahi Sumatera Utara ke arah yang lebih baik.