djoss.id, Padangsidimpuan – Calon Legislatif dari PDI Perjuangan, Sihar Pangihutan Hamonangan Sitorus mengelar pendidikan politik kepada sejumlah masyarakat yang tergabung dalam tim pemenanganya di Kota Padangsidempuan, Kamis (27/12/2018)

Pendidikan politik ini adalah upaya dari Sihar P. H. Sitorus untuk menghasilkan kualitas pesta demokrasi yang akan berlangsung pada 17 April 2019 yang akan datang, menjadi lebih baik dari pesta demokrasi ditahun-tahun sebelumnya.

Dalam pendidikan politik ini, para peserta diberikan pembekalan bagaimana proses pemilihan, apa peran mereka dalam menghasilkan kualitas demokrasi yang baik, yaitu menolak politik uang, politik sara dan politik yang tidak mendidik lainnya.

Para peserta juga dibekali materi tentang peraturan-peraturan dari Bawaslu dan KPU yang harus dilakasanakan seperti tentang penempatan alat peraga kampanye dan tata cara berkampanye yang benar saat berada di tengah-tengan masyarakat.

Charles Panjaitan, Ketua Pemenangan Sihar P. H. Sitorus menyampaikan kegiatan yang mereka lakukan ini adalah upaya mereka menunjukkan kepada masyarakat bahwa dalam kehidupan berdemokrasi, pendidikan politik itu penting.

“Kenapa kita lakukan hal seperti ini? Tentu untuk menghasilkan kualitas demokrasi yang bagus. Demokrasi yang membangun bangsa ini. Demokrasi yang menolak politik uang, dan demokrasi yang menolak politik pecah belah,” ujarnya.

Untuk menghasilkan demokrasi yang membangun bangsa, kata Charles tidak bisa dilakukan seorang diri, dan diperlukan sikap gotong royong. “Tidak bisa satu orang saja. Harus sama-sama kita. Harus bergotong royong, dan untuk inilah kita melakukan pembekalan ini,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, sejumlah komunitas abang becak juga datang sebagai peserta acara. Merekapun memberikan dukungan kepada Sihar P. H. Sitorus, yang mereka percaya adalah orang yang memperhatikan nasib mereka.

“Kami yakin dan percaya, Sihar Sitorus nantinya akan memperhatikan kami. Untuk itu, kami datang menyampaikan dukungan kepada beliau. Kami juga nantinya akan mengaajak masyarakat untuk memilih pak Sihar Sitorus,” ujarnya.

Sutrisno Pangaribuan, Anggota DPRD Sumatera Utara yang hadir dalam acara ini, menyampaikan bahwa para calon yang diusung PDI Perjuangan adalah calon-calon yang ditugaskan untuk melayani masyarakat.

“PDI Perjuangan memberikan kader-kader terbaik untuk melayani masyarakat, seperti Sihar P. H. Sitorus dan calon-calon lainnya. Kiranya kita bisa bersama-sama memujudkan cita-cita untuk melayani masyarakat kita,” ujarnya.

Pria yang juga kembali menjadi Calon Legislatif dari PDI Perjuangan untuk Provinsi Sumatera Utara ini mengutarakan, pendidikan politik yang diselenggarakan oleh Sihar P. H. Sitorus ini adalah langkah awal terciptanya kualitas demokrasi yang baik.

“Banyak pengetahuan baru dari pendidikan politik ini, yang sangat penting untuk perbaikan demokrasi kita saat ini. Kita semua pasti pengin memiliki sistem politik yang baik. Mari kita mulai secara bersama-sama,” ujar Sutrisno.

Acara pendidikan politik di Padangsidimpuan ini adalah yang ke empat kalinya dilakukan Sihar P. H. Sitorus, dimana mereka sebelumnya sudah melakukan kebijakan serupa di Kabupaten Labusel, Labura dan Labuhanbatu.

“Kita melakukan kegiatan di seluruh, kabupaten/kota yang ada di Daerah Pemilihan II Sumatera Utara, ini yang ke empat kalinya. Ke depan kita akan terus melakukan hal serupa di daerah lain,” ujar Charles Panjaitan.