DJOSS.ID, Ada banyak transportasi yang bisa digunakan untuk melintasi Danau Toba, mulai dari Kapal Penyebrangan Ferry, Kapal Motor, sampai kepada Speed Boat. Kali ini Sihar P. H. Sitorus, Calon Legislatif DPR RI dari Dapil 2 Sumatera Utara yang akan menyebrang ke Parapat dari Pulau Samosir mencoba sensasi menikmati Danau Toba dengan menyebrang menggunakan Speed Boat, Kamis (17/01).

Melalui Speed Boat, Sihar dapat lebih jelas menikmati keindahan Danau Toba secara langsung. Namun dirinya merasa kecewa ketika melintasi Danau Toba, di tengah perjalanan mendapati banyak sampah berserakan di danau. Sepanjang perjalanan Sihar bergumam sendiri, “Wah kotor ya.”

Saat ditanya mengenai pengalaman naik speed boat melintasi Danau Toba, Sihar mengaku menikmatinya. “Naik speed boat asyik, anginnya sepoi-sepoi, sampai ngantuk. Tapi tadi di dekat pinggir pantai banyak sampah botol plastik berserakan, sayang sekali,” ujarnya.

Sihar berharap kebiasaan mengotori wilayah sekitar Danau Toba dapat segera dihentikan. Bagaimanapun Danau Toba merupakan anugerah dari yang Maha Kuasa untuk Bangso Batak (baca: orang Batak) yang harus dijaga.

“Stoplah mengotori Danau Toba, apa tidak sayang danau yang tidak hanya merupakan kebanggaan Bangso Batak, tapi juga Bangsa Indonesia harus kotor karena kelalaian kita,” ujar Sihar.

Sihar yang juga merupakan Ketua Umum Acara Spiritualitas Danau Toba dan Gunung Sinabung berharap pekerjaan membangkitkan Danau Toba tidak hanya pekerjaan satu pihak saja, melainkan hasil gotong royong semua lapisan termasuk masyarakat dan pemerintahan.